Cara Meningkatkan Konsentrasi atau Fokus

Konsentrasi atau Fokus

Cara Meningkatkan Konsentrasi atau Fokus
Cara Meningkatkan Konsentrasi atau Fokus

Hal paling penting dalam meraih sebuah cita-cita atau tujuan dalam hidup adalah belajar untuk tetap fokus pada satu tujuan. Fokus adalah alat paling ampuh untuk meraih cita-cita.

1. Komitment (tekad) yang bulat & kuat
Anda harus menemukan motivasi sendiri agar hati lebih komit dan konsisten untuk menekuni sesuatu. Komitemn yang bulat akan membantu menyingkirkan pengganggu dalam pikiran sendiri maupun pengganggu yang berasal dari luar. Misalnya saja adalah gangguan kecil yang berasal dari suara-suara bising disekitar anda dan pacar yang sering membayangi pemikiran anda.

2. Belajar dari sejarah
Pendahulu kita pernah mengeluarkan pernyataan (Soekarno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah masa lalunya”. Rupa-rupanya fakta sejarah sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Orang-orang hebat yang kreatif dan inovatif selalu tercatat dalam sejarah. Lewat sejarah kita bisa memetik banyak pelajaran berharga agar menjadi bangsa yang lebih baik. Lewat sejarah kita bisa mengambil banyak pengalaman berharga agar keseharian kita lebih baik.


3. Belajar dari tokoh
Belajar dari tokoh adalah membaca buku, baik yang cetak maupun yang online. Bayangkan jika anda membaca buku karangan seorang Profesor, “itu sama artinya anda memindahkan ilmu profesor yang telah ia pelajari bertahun-tahun kedalam kepala ini”. Oleh karena itu buku dianggap sebagai “jendela dunia” yang dapat membuka wawasan dan menginspirasi banyak orang.

4. Fokuskan pikiran selalu pada hal-hal yang positif
Jangan biarkan pikiranmu kosong kawan melainkan berusahalah untuk tetap mengaktifkannya dengan senantiasa berpikir dalam segala kesempatan yang memungkinkan. 

5. Tujuannya untuk kebaikan semua orang
Ini hukum alam teman. Dari dulu sampai sekarang angkara murka selalu dikalahkan oleh kebaikan. Demikian juga dengan kita, jika diri ini hanya bertujuan untuk ego semata niscaya walah sempat berdiri akan tetapi tidak dapat terus tegak. Ada waktunya goyah dan terhempas oleh badai musim panas.

6. Tidak usah mengurus hal-hal yang tidak penting
Tidak semua hal yang datang kehadapan kita itu penting. Ada hal-hal yang tidak perlu dipusingkan, tidak perlu diambil alih untuk dikerjakan karena tidak mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain. Jangan tertipu oleh pantulan fatamorgana trend yang seolah-olah indah akan tetapi sesungguhnya syarat dengan hawa nafsu.

7. Hilangkan pengotor dalam pikiran alias pikiran kotor
Pengotor dalam pikiran adalah penghambat yang sifatnya bersarang dalam hati dan cenderung mempengaruhi kehidupan kita secara keseluruhan.

Semoga motivasi di atas ini bisa menjadi pegangan bagi Anda untuk fokus terhadap satu juan terlebih dahulu, baru kemudian menentukan tujuan baru yang lainnya.Selain fokus kita harus imbangi dengan berdo'a agar semua rencana yang telah kita susun akan lancar ketika dieksekusi dan sekaligus menjadi sarana mendekatkan diri kepada Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

DESTINATION SUCCESSFULL https://meraihsingkronisasikesuksesan.blogspot.com/2017/10/destination-successfull.html

OPENING UP PELUANG SUCCESS https://meraihsingkronisasikesuksesan.blogspot.com/2017/10/opening-up-peluang-success.html