SUCCESS MANFAATKAN TEMPAT BUSINESS


SUCCESS MANFAATKAN TEMPAT SEBAGAI LAHAN BUSINESS

SUCCESS MANFAATKAN TEMPAT BUSINESS



Untuk kali ini Saya akan membahas secara langsung  mengenai usaha bisnis kecil-kecilan,dimana jenis yang saya pikirkan tidak terlalu susah dan harus mudah dikerjakan nya serta perawatan atau pemeliharaannya oleh keluarga istri dan anak kita,serta yang lebih utama tidak memakan tempat.jadi saya mencari idea yang baik dan tepat guna akan tempat dan lahan nya.untuk itu salah satu cara agar kita dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga adalah dengan membangun usaha kecil-kecilan dirumah sendiri,misalnya dengan memelihara ikan.Maksudnya ialah memelihara ikan mas. Sebab Ikan selain sebagai sumber pendapatan tambahan bagi keluarga juga menjadi pemenuhan gizi keluarga yaitu pemenuhan protein hewani. Anda jangan takut dalam memasarkan ikan mas, karena ikan jenis ini sangat mudah laku untuk dipasarkan. Selain mudah dalam mencari pembeli, ikan mas ini juga sangat mudah dalam memelihara serta  membudidayakannya. Beda dengan memelihara hewan lain seperti ayam atau kambing yang terlalu repot dan memakan tempat ,bahkan memberikan efek kotor serta baunya mengganggu lingkungan sekitar.

Oke untuk tidak berbelit-belit langsung saja ke pokok bahasan yaitu: Cara memanfaatkan tempat sebagai sumber tambahan ekonomi.Itu dengan kita  membuka usaha bisnis  Memelihara Ikan Mas.Adapun cara dan system nya ,silahkan membaca dan menyimaknya.ca

Cara Memelihara Ikan Mas dalam Drum

Ikan mas, dengan mengetahui cara memelihara ikan mas, maka ikan ini bisa dikembangkan dimana saja, tidak perlu kandang,apa lagi lahan yang luas, anda bisa memelihara ikan mas cukup dihalaman rumah atau didalam drum sekalipun. Dalam drum ikan mas bisa juga dibesarkan dan ternah serta menghasilkan banyak keuntungan. Tetapi dalam membudidayakan ikan mas ada tempat yang memang sangat baik dan mendukung untuk pemeliharaan ikan mas, terutama pada daerah yang rendah hingga sampai 1.000 m dari permukaan laut, dengan suhu optimum 20 – 25 ºC dan pH (derajat keasaman) air 7 – 8.

Tips memelihara ikan mas adalah harus menyediakan tempat seperti pada tempat ia hidup secara alami, misalnya dalam sungai yang mengalir. Jadi anda bisa membudidayakan ikan mas dengan membuat keramba dalam sungai yang mengalir atau dalam kolam ikan yang airnya mengalir, artinya ada air yang keluar masuk sehingga ikan mas akan hidup layaknya dalam habitatnya yang asli. Bagi anda yang ingin memelihara ikan mas dalam drum, anda harus mengubah drum tersebut menjadi seperti tempat hidup ikan mas, yaitu ada air yang keluar masuknya.

Lantas bagaimana mengubah drum menjadi tempat pemeliharaan ikan? Bagi anda yang ingin memelihara ikan mas dalam drum, siapkan drum baik drum plastik atau drum besi yang tidak berkarat. Kemudian lubangi bagian bawah drum (tepat dibagian bawah) kemudian sambung dengan pipa atau paralon dibagian bawah drum yang telah dilubangi. Ini berfungsi untuk membuang atau mengubah air yang tergenang atau kotoran yang mengendap didasar drum. Kemudian, naikkan ujung pipa sejajar dengan tinggi air dalam drum. Air buangan dari pipa tersebut ditampung dalam wadah seperti ember.

Cara mengubah drum agar seperti kolom asli yang deras aliran airnya, maka kita perlu pompa (pompa seperti yang biasa digunakan dalam akuarium ikan hias) untuk memompa air agar selalu mengalir dengan deras. Semburan air dari pompa diarah ke dinding drum agar airnya memusing dan memutar sehingga kotoran akan menumpuk pada bagian tengah drum dan kemudian akan dibuang melalui pipa pembungan yang kemudian disaring, setelah disaring air tersebut akan kembali dipompa oleh pompa untuk masuk kembali kedalam drum sehinga anda akan menghemat air dan terjadi pembuangan air. Maka sirkulasi  air terus berjalan dengan baikdan terjaga kebersihannya.

Langkah selanjutnya adalah masukkan benih ikan mas, jumlah ikan mas disesuaikan dengan ukuran drum yang digunakan. Sementara makanan ikan mas dalam drum sama saja dengan makanan ikan dalam kolam. Yang terpenting adalah makanan ikan mas mengandung 40% protein. Jumlah makanan ikan Mas disesuaikan dengan jumlah ikan dalam drum. Untuk makanan berbentuk pellet diberikan setiap hari sebanyak 3 – 5 % berat ikan. Kalau berat seluruh ikan dalam drum anda adalah 450 gram, maka makanan per harinya adalah 13,5 – 22,5 gram, makanan ini dapat dibagi dua kali pemberian, yaitu pagi dan sore.

Demikianlah secara singkat cara memelihara ikan mas dalam drum, diharapkan cara ini bisa menanggulangi dan mengatasi masalah kecil nya lahan atau terbatasnya tanah sebagai kolam ikan Mas. Dengan cara sederhana ini ikan mas juga bisa menghasilkan banyak keuntungan bagi keluarga yaitu menjadi ladang bisnis atau penambahan pendapatan ekonomi keluarga.Selamat berusaha sekecil apapun kalau di kerjakan dengan kesungguhan dari yang kecil dan dianggap sepele bisa menjadi hal besar,percayalah..Mengapa tidak.Salam success.DISINI

SATU LAGI CARA BERBISNIS IKAN YANG LAIN 

Satu lagi cara berbisnis ikan  yang sangat mudah berkembang biak dan juga sangat cepat perkembangannya, yaitu dengan memelihara ikan "MUJAIR",karena ini cocok untuk dijadikan salah satu bentuk usaha agar  menambahkan pendapatan ekonomi keluarga. Sebelum kita menjelaskan lebih jauh tentang ikan mujair, ada baik kita tahu lebih dulu asal usul mulanya  ikan mujair ini. Mujari berasal dari nama seorang yang pertama kali menemukan ikan ini yaitu "Bapak MUJAIR", yang menemukan ikan itu di muara sungai serang Blitar Jawa Timur pada tahun 1939..Sebagai pengingat akan penemu dari ikan itu diberikanlah  nama ikan tersebut sampai sekarang dengan sebutan ikan ini  dengan nama "IKAN MUJAIR".

Perkembangan ikan mujair yang sangat cepat menjadikan usaha budidaya ikan mujair sangat potensial, namun ketika sudah besar ikan mujair akan melambat pertumbuhannya. Ikan mujair besar panjangnya bisa mencapai 40 cm. Ikan mujair selain potensial sebagai ladang usaha juga enak dikonsumsi, apalagi mujair yang sudah besar, rasanya pasti enak dan terasa sekali lemaknya. Ikan mujair bisa sebagai penyedia protein hewani.

Budidaya ikan mujair tidak harus dalam kolam tanah, bisa juga budidaya ikan mujair dilakukan dalam Kolam Terpal, tetapi kalau anda ingin membuat kolam tanah, maka lahan tanah yang cocok untuk tempat budidaya ikan mujair adalah sbb:

1. Perhatikan tanah, sebaiknya tanah tempat kolam adalah tanah liat, sehingga bisa menampung air dan tidak bocor atau diserap tanah

2. Buat kemiringan tanah hingga 3-5% agar mudah dalam pengairan secara gravitasi

3. Lokasi pembuatan kolam ikan mujair harus berada pada ketinggian antara 150-1000 diatas permukaan laut

4. Usahakan airnya bersih dan air yang tidak tercemar limbah

5. Ikan mujair sama dengan ikan mas, dimana perkembangannya sangat bagus kalau ada air keluar masuk dalam kolamnya

6. Usahakan suhu air, yang berada pada tingkat 15-20 derajat celcius

Persiapan Budidaya Ikan Mujair


1. Setelah kolam selesai dibuat, kalau kolamnya banyak air maka harus dikeringkan terlebih dahulu selama beberapa hari. Kemudian diberi kapur atau dilakukan pengapuran untuk menghilangkan dan memberantas hama penyakit atau ikan liar lainnya yang menjadi predator bagi ikan mujair nantinya. Pengapuran dilakukan dengan dosis 25-200 gram/meter persegi. Dan melakukan pemupukan yaitu dengan memberikan pupuk urea dan TSP masing- masing dengan dosis 50-700 gram/meter persegi.

2. Melakukan pemupukan
Setelah semua bersih, yang perlu dilakukan adalah pemupukan. Pemupukan dalam kolam dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan berbagai macam makanan ikan alami. Sehingga pertumbuhan ikan akan cepat akibat dari banyaknya makanan alami tersebut. Dalam hal ini pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk kandang.

3. Pakan ikan mujair untuk pembesaran
Kalau makanan alami ikan mujair sudah berkurang atau istilahnya kolam ikan tidak subur lagi (tidak menghasilkan makanan alami) maka perlu dilakukan pemberian makanan tambahan dengan kapasitasnya yaitu tepung ikan 25%, tepung kopra 10% dan dedak halus sebesar 65%. Selain makanan seperti yang dimaksud, bisa juga diberikan makanan berupa pellet yang berkadar protein 20-30% dengan dosis 2-3% dari berat populasi/harinya. Makanan ikan mujair ini diberikan dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Demikianlah cara mudah membudidayakan ikan mujair sebagai tambahan ekonomi pendapatan keluarga. Selain dengan menggunakan media kolam tanah seperti yang disebutkan, bisa juga memelihara ikan mujair dengan menggunakan media kolam terpal dan kalau ingin memakai drum juga bisa caranya seperti memelihara ikan mas diatas tadi.Dengan berusaha di bidang yang tidak terlalu banyak persaingan serta disukai banyak orang.Apalagi yang tinggal di perkotaan itu sangat menguntungkan dan bisa cepat berkembang, maju jenis usaha yang  kita tekuni,jadi tunggu apalagi cepat bangkit susun rencana sebaik mungkin raih kesuksesan dengan inovasi,kreasi yang tepat .Sebab dari cara survival  di bidang bisnis sekecil dan sesederhana apapun,pasti  akan menemukan trik yang hebat untuk meraih keberhasilan dan success.

Comments

Popular posts from this blog

DESTINATION SUCCESSFULL https://meraihsingkronisasikesuksesan.blogspot.com/2017/10/destination-successfull.html

OPENING UP PELUANG SUCCESS https://meraihsingkronisasikesuksesan.blogspot.com/2017/10/opening-up-peluang-success.html